Senin, 29 Agustus 2011

Manusia Hanya Berencana


Tak ada satupun yang mengetahui tentang rencana yang ditetapkan Allah kepada manusia. Terkadang banyak sekali orang yang merasa putus asa atas ketetapan-Nya yang tidak sesuai dengan harapan yang telah dicita – citakan. keadaan tersebut mengakibatkan banyak orang yang tidak sabar dan mengakhiri perjuangannya untuk mencapai sesuatu yang diharapkan tersebut. Padahal dalam surat Alam Nasyrah disebutkan bahwa “sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan“. dan terkadang motivasi datang dari kalimat berikut yang menyatakan bahwa “siapa yang bersungguh – sungguh pasti akan menuai hasil”. Alangkah indahnya jika sampai saat ini, setiap orang selalu tegar menerima segala ketetapan dan terus berusaha untuk memperbaiki diri demi tercapainya sesuatu yang dicita – citakan.
“Bagaikan sebuah pohon yang terus beranjak tinggi. Semakin tinggi pohon tersebut, maka semakin kencang angin yang menghantamnya”. Begitulah filosofi hidup. Setiap orang yang tumbuh menjadi orang besar, tentu semakin banyak cobaan yang akan menimpanya. Semakin menyerah terhadap suatu cobaan yang datang, saat itulah bagaikan sebuah pohon yang tumbang karena tak mampu menahan kencangnya badai angin yang menghantam.
Kita pun tidak mengetahui rencana Allah untuk kita. Kita memintanya kupu – kupu, namun kita mendapat ulat berbulu. Kita meminta kepadanya mawar indah berseri, namun kita mendapat kaktus berduri. Saat itulah mungkin hati kita kesal, marah, dan kecewa karena yang kita dapatkan tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Akan tetapi jika kita mampu bersabar dan terus istiqomah, seiring berjalannya waktu, ulatpun pasti akan menjadi kupu – kupu yang keindahannya selalu menghiasi taman, dan kaktuspun akan mengeluarkan bunga yang keindahannya tidak kalah dengan mawar. Begitulah Allah senantiasa memberikan sesuatu yang kita butuhkan dalam hidup kita, bukan sesuatu yang menjadi keinginan kita.
*Mulai detik ini tak ada lagi kata menyerah dalam kehidupanku....
*menyerah bukanlah sebuah karakter yang akan membangkitkanku. Akan tetapi, membuatku seperti katak yang berada dalam tempurung ....

1 komentar:

  1. ganbatte dadan !!
    btw.. itu bukan surat alam nasyrah tapi surat Al-Insyirah daaaan.. -,-

    BalasHapus